Rabu, 21 Mei 2014

Inovasi – Inovasi Kemasan Yang Unik


Dengan seiring perkembangan jaman dengan dituntutnya permintaan pasar yangn semakin menuntut para produsen makanan dan kemasan untuk menciptakan suatu kemasan yang praktis dan menarik maka banyak bermunculan kemasaan unik seperti contoh dibawah ini yang merupakan inovasi kemasan fast food karya seorang mahasiswa,yang memudah kan dalam pembawaan dan dinilai lebih praktis.
1.    Togo Burger, Inovasi Kemasan Fast Food Karya Mahasiswa Desain


Seorang mahasiswa desain industri asal Rhode Island, Amerika punya ide menarik soal kemasan fast food. Dengan kemasan bernama Togo Burger, pengunjung restoran bisa memesan menu take awaydengan lebih praktis. Pesanan burger, kentang goreng dan minuman sodapun bisa ditenteng sekaligus dengan satu tangan. 

Biasanya, pesanan take away dikemas dalam kertas cokleat tipis. Bahkan, ada juga yang melapisinya kembali dengan plastik agar lebih mudah ditenteng. Model kemasan ini dianggap membosankan, boros, tak bersahabat dengan alam, sekaligus tak aman karena mudah tumpah.

Karenanya mahasiswa Rhode Island School of Design bernama Seulbi Kim inipun tertarik untuk membuat temuan baru. Ia membuat Togo Burger, yaitu kemasan praktis, mudah digenggam khusus untuk membawa minuman, burger dan kentang goreng sekaligus.

Dalam proses pembuatannya, Kim terlebih dulu melakukan riset. Menurut pengamatannya, banyak orang kesulitan membawa makanan tersebut, sekaligus terlalu banyak kemasan yang digunakan. Penggunaan plastik sudah dikurangi, namun akhirnya pembeli jadi kesulitan membawa kemasan fast foodnya.
"Akibatnya tak hanya tangan yang tidak nyaman, namun juga membuang-buang bahan baku karena banyak bagian kertas dan plastik yang tidak terpakai, yang mengakibatkan polusi dan pemborosan," kata Kim, seperti dimuat dalam situs Packaging of the World. Kemasan inipun dinilai bisa mengurangi penggunaan bahan baku hingga 50%.

Penggunaannyapun sangat mudah. Tedapat 3 bagian, sisi kiri, kanan dan tengah. Bagian kanannya bisa diisi burger, dan kirinya diletakkan kemasan kentang goreng. Di bagian tengah digunakan untuk menaruh gelas soda. Ketiganyapun bisa dijinjing bersama dengan satu tangan tanpa takut terbalik ataupun tumpah.


Tidak hanya hanya Kemasan Fast Food saja, berikut ini juga ada contoh-contoh inovasi kemasan yang unik-unik dari berbagai produk.

kemasan darah berbentuk beruang

 Kemasan Cola Transparan

 Kemasan Telur

Kemasan Pizza yang menyerupai gigi

Kemasan Susu

Kemasan Beer yang menyerupai hewan

Kemasan Spaghetti

Kemasan Teh Celup Berbentuk Pohon Cemara

Kemasan Botol yang Bisa di Kelupas

Kemasan Minuman yang Menyerupai Kantong Darah



Dan masih banyak lagi inovasi - inovasi kemasan yang ada di dunia kemasan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar