Penting kah arti kemasan menurut Anda? Faktanya, kemasan sangat berpengaruh terhadap suatu produk yang akan dipasarkan atau dijual. Selain untuk menjaganya, kemasan juga dapat mempercantik sebuah produk yang dapat menarik minat pembelinya. Menggunakan kemasan atau pengemasan terhadap sesuatu yang akan dipasarkan, akan membuat produk terkesan lebih matang/ professional di mata konsumen.
Fungsi pengemasan pada bahan pangan adalah :
1.
Seabagai suatu
sarana yang mewadahi selama proses distribusi dari produsen hingga kekonsumen,
agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta atau butiran.
2.
Melindungi dan mengawetkan
produk dan melindungi produk dari sinar ultraviolet,panas,kelembaban
udara,oksigen,benturan,kontaninasi dari kotoran dan mikroba yang dapat murusak
dan menurunkan mutu produk.
3.
Sebagai identitas
produk atau sebagai label dari produk yang dapat membedakan produk kita dengan
produk yang lain.
4.
Memudahkan perhitungan
dalam pengiriman dan penyimpanan.
5.
Melindungi dari
pengaruh buruk diluar.
6.
Memperluas pemakaina
dan pemasaran produk.
7.
Menambah daya
tarik pembeli.
8.
Sarana informasi
dan iklan.
9.
Memberi kenyamanan
bagi pemakai.
Fungsi ke 7 dan 8 merupakan
fungsi tambahan dari kemasan,karena adanya persaingan dalam dunia industri
menyebabkan penampilan kemasan harus semenarik mungkin. Cara membuat kemasan
yang menarik :
1.
Cetakan yang
multi warna dan mengkilat sehingga menarik dan berkesan mewah.
2.
Dapat membuat
kesan mewah dan bermutu pada produk.
3.
Desain teknik dari
wadahnya memudahkan pemakai.
4.
Desain teknik
wadahnya selalu mengikuti teknik mutahir sehingga produk yang dikemasnya
terkesan mengikuti perkembangan terakhir.
Tidak hanya fungsi diatas
tetapi juga berperan penting dalam industri pangan,yaitu :
1.
Pengenalan jatidiri/identitas
dari suatu produk.
2.
Penghias produk
agar menarik.
3.
Piranti monitor.
4.
Media promosi.
5.
Media penyuluhan
atau petunjuk cara penggunaan dan manfaat produk yang ada di dalamnya.
6.
Bagi pemerintah
kemasan dapat dijadikan sebagai wadah dalam melindungi konsumen.
7.
Bagi konsumen
kemasan dapat digunakan sebagai sumber informasi tentang isi dan ini ini di perlukan
dalam mengabil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar