Jumat, 16 Mei 2014

Fungsi dan Manfaat Kemasan


Penting kah arti kemasan menurut Anda? Faktanya, kemasan sangat berpengaruh terhadap suatu produk yang akan dipasarkan atau dijual. Selain untuk menjaganya, kemasan juga dapat mempercantik sebuah produk yang dapat menarik minat pembelinya. Menggunakan kemasan atau pengemasan terhadap sesuatu yang akan dipasarkan, akan membuat produk terkesan lebih matang/ professional di mata konsumen.
Fungsi pengemasan pada bahan pangan adalah :
       1.    Seabagai suatu sarana yang mewadahi selama proses distribusi dari produsen hingga kekonsumen, agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta atau butiran.
       2.    Melindungi dan mengawetkan produk dan melindungi produk dari sinar ultraviolet,panas,kelembaban udara,oksigen,benturan,kontaninasi dari kotoran dan mikroba yang dapat murusak dan menurunkan mutu produk.
       3.    Sebagai identitas produk atau sebagai label dari produk yang dapat membedakan produk kita dengan produk yang lain.
       4.    Memudahkan perhitungan dalam pengiriman dan penyimpanan.
       5.    Melindungi dari pengaruh buruk diluar.
       6.    Memperluas pemakaina dan pemasaran produk.
       7.    Menambah daya tarik pembeli.
       8.    Sarana informasi dan iklan.
       9.    Memberi kenyamanan bagi pemakai.
Fungsi ke 7 dan 8 merupakan fungsi tambahan dari kemasan,karena adanya persaingan dalam dunia industri menyebabkan penampilan kemasan harus semenarik mungkin. Cara membuat kemasan yang menarik :
       1.    Cetakan yang multi warna dan mengkilat sehingga menarik dan berkesan mewah.
       2.    Dapat membuat kesan mewah dan bermutu pada produk.
       3.    Desain teknik dari wadahnya memudahkan pemakai.
       4.    Desain teknik wadahnya selalu mengikuti teknik mutahir sehingga produk yang dikemasnya terkesan mengikuti perkembangan terakhir.
Tidak hanya fungsi diatas tetapi juga berperan penting dalam industri pangan,yaitu :
       1.    Pengenalan jatidiri/identitas dari suatu produk.
       2.    Penghias produk agar menarik.
       3.    Piranti monitor.
       4.    Media promosi.
       5.    Media penyuluhan atau petunjuk cara penggunaan dan manfaat produk yang ada di dalamnya.
       6.    Bagi pemerintah kemasan dapat dijadikan sebagai wadah dalam melindungi konsumen.


       7.    Bagi konsumen kemasan dapat digunakan sebagai sumber informasi tentang isi dan ini ini di perlukan dalam mengabil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar