Kenapa Sih desain Kemasan Kita Harus Menarik???
Pasti banyak pertanyaan dari anda semua tentang, ” kenapa sih desain kemasan kita harus menarik??? ”.
Tidak jarang banyak produsen makanan, minuman dan lain selalu memendam pertanyaan seperti itu. Dan di blog saya ini akan membahas tentang alasan mengapa desain kemasan harus menarik.
1. Desain Kemasan Sebagai pembeda antar produk
Apa bila kemasan anda menarik maka akan meningkatkan juga sebagai pembeda produk Anda dengan produk lain sejenis. Misalkan melalui sebuah survei, produk biskuit sebagian besar menggunakan warna warm sebagai warna kemasannya. Mengapa Anda tidak mencoba menggunakan warna dingin sebagai pembeda produk Anda dengan produk lain? Dengan demikian produk Anda akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Warna hanyalah salah satu sarana pembeda dalam desain kemasan Anda dengan produk lain. Selain warna, Anda juga dapat memanfaatkan bentuknya, cara membuka kemasannya, bahannya, dll.
2. Memberikan kesan tertentu pada produk Anda.
Anda dapat menyematkan kesan tertentu pada produk Anda melalui desain kemasan Anda. Misalkan, Anda ingin memberikan kesan professional, Anda dapat menggunakan perpaduan warna biru, abu-abu, dan bahan kertas yang terkesan professional. Namun, Anda harus terlebih dulu melihat karakteristik target market Anda. Hindari memilih warna dan bahan hanya sesuai dengan selera Anda, tapi akhirnya ditolak oleh target market yang Anda tuju.
Anda dapat menyematkan kesan tertentu pada produk Anda melalui desain kemasan Anda. Misalkan, Anda ingin memberikan kesan professional, Anda dapat menggunakan perpaduan warna biru, abu-abu, dan bahan kertas yang terkesan professional. Namun, Anda harus terlebih dulu melihat karakteristik target market Anda. Hindari memilih warna dan bahan hanya sesuai dengan selera Anda, tapi akhirnya ditolak oleh target market yang Anda tuju.
3. Sebagai nilai tambah pada produk Anda.
Desain kemasan yang menarik akan memberi nilai tambah pada produk Anda. Nilai tambah dapat meningkatkan daya jual dan harga produk Anda. Sebagai contoh, saya pernah membeli sekotak besar coklat saat saya pulang dari luar negeri. Kemasan menarik, harga juga tidak murah, tetapi isinya sama saja dengan coklat-coklat lainnya yang dijual di supermarket biasa dengan harga lebih terjangkau. Mungkin satu kali Anda pernah memilih suatu produk melalui kemasannya? Coba ingat-ingat.
Desain kemasan yang menarik akan memberi nilai tambah pada produk Anda. Nilai tambah dapat meningkatkan daya jual dan harga produk Anda. Sebagai contoh, saya pernah membeli sekotak besar coklat saat saya pulang dari luar negeri. Kemasan menarik, harga juga tidak murah, tetapi isinya sama saja dengan coklat-coklat lainnya yang dijual di supermarket biasa dengan harga lebih terjangkau. Mungkin satu kali Anda pernah memilih suatu produk melalui kemasannya? Coba ingat-ingat.
4. Sebagai pelindung produk Anda.
Desain kemasan yang baik juga berfungsi sebagai pelindung produk Anda. Bergantung apa jenis produk Anda tentunya membutuhkan perlindungan yang berbeda-beda. Desain kemasan produk makanan tentu berbeda dengan desain kemasan produk elektronik.
Desain kemasan yang baik juga berfungsi sebagai pelindung produk Anda. Bergantung apa jenis produk Anda tentunya membutuhkan perlindungan yang berbeda-beda. Desain kemasan produk makanan tentu berbeda dengan desain kemasan produk elektronik.
5. Sebagai brand image Anda
Desain kemasan juga berguna sebagai penjaga konsistensi brand image produk Anda. Anda ingin produk Anda dipersepesi apa? Tampilkanlah persepsi yang ingin Anda tampilkan melalui desain kemasan Anda. Jangan sampai desain kemasan Anda malah bertentangan dengan brand image yang ingin Anda tampilkan.
Desain kemasan juga berguna sebagai penjaga konsistensi brand image produk Anda. Anda ingin produk Anda dipersepesi apa? Tampilkanlah persepsi yang ingin Anda tampilkan melalui desain kemasan Anda. Jangan sampai desain kemasan Anda malah bertentangan dengan brand image yang ingin Anda tampilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar